Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Elemen Gambar Pupleter

Dalam membuat sebuah karakter, diperlukan kesabaran, keuletan dan tentu saja ketelitian. Sebagai pemula kita harus memiliki modal utama yaitu pantang menyerah dan tidak pernah merasa takut untuk melakukan kesalahan dalam menggambar. 


Elemen Gambar Digital Puppeteer


Pada kesempatan ini kita akan Membuat Elemen Gambar Pupleter (Robot Green) Berikut langkah langkah langkahnnya, Buka Abobe Animate, Pilih  Insert New Symbol
Selanjutnya pada panel create new symbol sesuaikan name atau beri dengan nama karakter yang kita buat dan pastikan type pilih graphic. dilanjutkan dengan menekan tombol OK


Sebelum menggambar pastikan fill color dalam kondisi tanpa warna, ingat tanpa warna bukan warna putih. Tujuan kita menonaktifkan warna pada fill color ini  agar kita nantinnya mudah dalam melakukan penggambaran dan pengeditan suatu objek.
Mulailah menggambar karakter diatas dengan mengikuti langkah langkah berikut. Pertama tama gambarlah sebuah lingkaran pada stage dengan menggunakan Oval Tool, ini kita asumsikan sebagai gambar kepala dari karakter kita
Warnai lingkaran tersebut dengan paint bucket dengan warna hijau, atau bisa juga dengan warna sesuai selera kita masing-masing.
Lakukan Group Objek dengan cara Seleksi Objek kemudian tekan CTRL + G pada Keyboard, ini bertujuan untuk menggabungkan objek stroke dan fill menjadi satu.
Matikan Fill Color, Buat objek mata  Seperti gambar  dengan memanfaatkan Oval Tool, langsung beri warna. Lakukan Group Objek Mata dengan cara Seleksi Objek Mata saja kemudian tekan CTRL + G pada Keyboard, ini bertujuan untuk menggabungkan objek stroke dan fill menjadi satu.
Copy Paste objek mata, sehingga kita memiliki dua buah objek mata. Selanjutnnya kita akan gambar objek kaki dengan memanfaatkan Oval Tool dan Rectagle Tool seperti contoh gambar dibawah.
Klik Stoke pada objek kaki dan tekan tombol DELETE pada keyboard untuk menghilangkan garis yang tidak diperlukan.
Setelah kita hilangkan Garis/ Stroke yang tidak diperlukan Sehingga Kaki Robot Nampak pada gambar dibawah

Lanjutkan dengan mewarnai Objek, Pilih Warna Yang sesuai. Kemudian Lakukan Group Objek dengan cara Seleksi Objek Kaki Lanjutkan dengan menekan CTRL + G pada Keyboard, ini bertujuan untuk menggabungkan objek stroke dan fill menjadi satu.

Copy Paste Objek Kaki, Sehingga kita memiliki objek kaki menjadi dua. Lanjutkan dengan menggambar Antena, tangan kanan dan kiri Seperti cara diatas. Ingat Jangan Lupa lakukan GROUP Pada Masing - Masing Objek.

Nah, Pada Gambar diatas kita sudah memiliki delapan buah Objek yang terpisah. Selanjutnnya sekarang kita tinggal merangkai objek menjadi satu kesatuan yang utuh. Gunakan Free Transform Tool untuk memindah dan mengecilkan objek
Untuk Memindahkan posisi objek tangan kiri agar berada diposisi belakang badan, lakukan seleksi pada objek yang ingin dipindahkan kedepan, klik kanan objek pilih CUT, Lanjutkan dengan Klik Kanan Sekali lagi Pilih PASTE AND PLACE. 
Lanjukan dengan Menyesuaikan Posisi Tangan Kiri.
Sekarang kita tinggal mendistribusikan ke masing - masing layer agar, Antena, Kepala, Tangan Kanan-Kiri, Kaki Kanan Kiri, Mata Katan-Kiri Berada Pada Masing masing Layer, Hal ini Bertujuan agar nantinnya kita mudah menganimasikannya dikemudian hari.
Adapun cara mendistribusikan ke masing masing layer adalah dengan cara menseleksi seluruh objek, lakukan klik kanan pilih Distribute to Layer

SecaraOtomatis layer akan bertambah menjadi beberapa layer sesuai dengan Objek yang kita buat.
Klik dua kali nama layer, Beri Nama sesuai dengan objek. Lakukan Pada Seluruh Layer yang ada misalkan seperti contoh gambar dibawah ini.

Setelah Selesai merename seluruh layer, kita klik Scene 1 untuk ke Stage atau Area Kerja utama.



Klik panel poperties, tahan dan drag ke stage. 


1 komentar untuk "Membuat Elemen Gambar Pupleter"