Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Animasi Stop Motion berdasarkan teknik pembuatannya

Animasi Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.
Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Kita bisa memproses sequence atau rangkaian urutan gambar menggunakan software komputer untuk membuatnya menjadi movie. Proses pembuatan animasi stop motion mirip dengan pembuatan animasi frame by frame. Namun yang membedakannya adalah stop motion memiliki kecepatan (durasi main) di bawah 0,25 detik per framenya, sedangkan kecepatan waktu animasi frame by frame di atas 0,25 detik.

Animasi Stop Motion Stop motion dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu: 
  1. Animasi Clay (Clay Animation)
    Animasi clay atau claymation adalah salah satu dari banyak bentuk animasi stop motion. Setiap bagian animasi, baik karakter atau latar belakang, adalah "bisa diubah bentuknya". Biasanya terbuat dari bahan lunak, misalnya plasticine clay. Contoh animasi terkenal yang dibuat dengan teknik ini adalah Shaun the Sheep dan Pingu.
    Pembuatan Animasi Clay
  2. Animasi Cutout (Cutout Animation)
    Merupakan sebuah teknik yang unik dalam membuat animasi menggunakan objek dan karakter datar dari bahan atau material seperti kertas, kartu, kain keras atau bahkan hasil cetakan foto.
    Animasi Cutout (Cutout Animation)
  3. Animasi Pasir (Sand Animation)
    Merupakan teknik animasi stop motion yang menggunakan pasir dan permukaan datar untuk membuat gambar untuk dianimasikan. 
    Animasi Pasir (Sand Animation)
  4. Animasi Gambar (Hand drawn Animation)
    Merupakan teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap. 
    Animasi Gambar (Hand drawn Animation)

Posting Komentar untuk "Animasi Stop Motion berdasarkan teknik pembuatannya"