Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Animasi

Tujuan Pembelajaran  

Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran mandiri pada KD 3.3  sebagai adalah sebai berikut:
  1. Mampu menerapkan teknik animasi tweening 2D 
  2. mampu membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening

Secara garis besar, teknik animasi terdiri dari 2 jenis, yaitu teknik animasi frame by frame dan teknik animasi tweening (Zeembry, 2001:83).
  1. Teknik Animasi Frame by Frame 
    Teknik frame by frame animation adalah teknik animasi yang dilakukan dengan bentuk gambar yang menjadikan gambar tersebut berbeda di setiap frame.
    Teknik ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu (Bustaman, 2001:33): 
    1) Membuat file akan menjadi lebih besar.
    2) Akan menggunakan banyak waktu jika membuat image yang berbeda dalam setiap keyframe.
  2.  Teknik Animasi Tweening 
    Teknik tweened animation yaitu teknik animasi di mana dalam proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir, kemudian mengerjakan animasi frame-frame sisanya yang berada di antara posisi awal dan akhir frame tersebut. 
    Teknik tweened animation memiliki beberapa kelebihan, yaitu (Bustaman, 2001:34):
    1) Mempersingkat dan meminimkan waktu kerja.
    2) Mengurangi ukuran file karena setiap isi dalam frame tidak perlu disimpan.
Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara membuat animasi, yaitu manual dan komputer.
  1. Teknik Animasi Manual 
    Teknik animasi manual yang juga biasa disebut dengan cell animation ini merupakan teknik animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis. Karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.
  2. Teknik Animasi 2D Komputer 
    Merupakan teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.

Posting Komentar untuk "Teknik Animasi"