Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Gambar Animasi Tidak bisa diberi warna pada Adobe Animate

Bagi yang awal menggunakan software adobe Animate kadangkala mengalami beberapa kendala dalam mewarnai gambar animasinya. Berikut beberapa solusi yang mungkin bisa digunakan mengatasinya :
  1. Jangan Tracing Langsung di Layer Sketsa
    Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan, tapi sering jadi kesalahan peserta didik dalam mentracing sketsa adalah langsung di layer sketsanya, atau satau layer saja. Maka akibatnya hasil tracing akan menempel di sketsa, dan kalau hasil tracing diambil atau dipisahkan, maka sketsa menjadi bolong atau hilang gambarnya. Dan kadang ketika mewarnai langsung pada layer sketsa juga mempersulit pewarnaan. Jadi sebaiknya tracinglah gambar sketsa di layer lain di atas layer sketsa. Kalau layer tracingnya di bawah sketsa ya gak akan kelihatan hasilnya Jangan Sampai kebalik ya! 

  2. Gunakan Gaps
    Jika Objek tidak bisa diwarna cobalah dengan menggunakan control Gaps, Gaps Control digunakan untuk memberi isi suatu garis luar yang tidak benar-benar tertutup. Pilihannya adalah Don’t Close Gaps untuk memberi isi garis luar yang tertutup. Close Small Gaps untuk memberi isi garis luar yang tidak tertutup karena ada jarak yang kecil antara ujung garis yang satu dengan ujung garis yang lain. Close Medium Gaps untuk memberi isi garis luar yang mempunyai jarak cukup besar. Dan Close Large Gaps untuk memberi isi garis luar yang mempunyai jarak besar.                
  3. Break Appart
    Terkadang ketika membuat garis, tiba-tiba garis menjadi keras seperti ada garis birunya... Atau sekan-akan otomatis diconvert menjadi symbol oleh komputer atau Adobe Animate. Maka hasilnya garis menjadi tidak nyatu, atau patah-patah... Apa yang harus dilakukan? Kalau hanya satu garis pilih saja garis yang bermasalah tadi. Tapi kalau nyaris semua garis di layer tersebut ya seleksilah semuanya atau pilih semua, dengan menekan tombol CTRL + A, karena A artinya all (semua). Setelah itu di-brake atau dipecahin atau dilebur dengan cara menekan tombol CTRL + B atau Klik Kanan Pilih Break Apart. Maka masalah tidak bisa mewarnai gambar pun bisa teratasi dan bisa diwarnai dengan baik. 
  4. Zoom Out Window
    Ketika mewaranai dengan Adobe Animate, ternyata ketika kita memperkecil dari 800% menjadi 25% bisa mewarnai gambar walaupun tidak tertutup dengan sempurna. Begitulah mudahnya mewarani gambar ataupun tarcing dengan Adobe Animate. 
  5. Jenis Warna
    Pada Adobe Animate ketika mewarnai gambar terbagi menjadi dua jenis yaitu: Fill Color dan Stroke Color. Fill color adalah warna untuk mengisi bagian dalam gambar. Untuk icon tool-nya disebut dengan bucket. Stroke Color berfungsi untuk mewarnai garis otline, jadi pastikan Fill Color berupa bucket di bagian paling bawah warnanya sesuai pilihanmu, dan bagian garis yang iconnya berupa pensil sesuai warna pilhanmua, umumnya untuk membuat karakter animasi adalah warna hitam. Untuk mengganti warna garis tinggal klik ikon bucket tapi di sisi kirinya, tepatnya di segitiga kecilnya yang artinya ada pilihan lainnya. Tool-nya berupa wadah tinta. Selain pengaturan melalu bar tool atau tempat berjejernya tool, bisa juga dengan memilih window, dan pilih properties, maka pilihan detilnya bisa diatur lagi, misalnya ketebalan garisnya bisa dituliskan angka atau tinggal geser angkanya. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Gambar Animasi Tidak bisa diberi warna pada Adobe Animate"