Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Area Kerja Adobe Animate

Tujuan Pembelajaran 

Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran mandiri pada KD 3.2 ini adalah : 
  1. Siswa mampu menjelaskan tools di aplikasi sederhana animasi dengan tepat 
  2. Siswa mampu membuat obyek sederhana di aplikasi sederhana animasi dengan tepat

Area Kerja Adobe Animate 

Adobe Animate(dulunya Adobe Flash) adalah multimedia yang berguna untuk membuat animasi dari Adobe Systems Adobe Animate digunakan untuk merancang grafik vektor dan animasi untuk program televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan permainan video. Program ini juga menawarkan dukungan untuk grafik raster, teks kaya, embedding audio dan video, dan skrip ActionScript. Animasi dapat diterbitkan untuk HTML5, WebGL, Scalable Vector Graphics (SVG) animasi dan spritesheets, dan warisan Flash Player (SWF) dan format Adobe AIR. Ini pertama kali dirilis pada tahun 1996 sebagai FutureSplash Animator, dan kemudian berganti nama menjadi Macromedia Flash setelah diakuisisi oleh Macromedia. Itu dibuat untuk berfungsi sebagai lingkungan penulis utama untuk platform Adobe Flash, perangkat lunak berbasis vektor untuk membuat konten animasi dan interaktif. Itu berganti nama menjadi Adobe Animate pada tahun 2016 untuk mencerminkan posisi pasarnya dengan lebih akurat, karena lebih dari sepertiga dari semua konten yang dibuat di Animate menggunakan HTML5.

Area kerja Adode Animate

Menu Bar
Berisi kumpulan menu yang berupa perintah-perintah operasi dalam Adobe Animate  tersusun dalam sepuluh (11) pilihan yang antara lain menu File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Command, Control, debug, Window, dan Help. Di dalam menu- menu tersebut terdapat banyak perintah yang sudah terkategori menurut menu di atasnya. Menu File berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan file (berkas). Menu Edit berisi perintah-perintah penyuntingan. Menu View berisi perintah-perintah pengaturan layar tampilan. Menu Insert berisi perintah- perintah untuk penyisipan, menu Modify berisi perintah-perintah untuk memodifikasi objek. Menu Text berisi perintah-perintah pengaturan teks. Menu Command berisi pengaturan perintah-perintah. Menu Command berisi perintah- perintah pengendalian objek. Menu Window berisi perintah-perintah menampilkan jendela panel dan jendela objek lainnya, dan menu Help berisi perintah meminta bantuan.

Menu Bar

Toolbar
merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok: Tools; berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View; untuk mengatur tampilan lembar kerja, Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option; alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Toolbar Adobe Animate

Timeline atau garis waktu 
merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
Time Line

Stage 
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.

Stage

Panel
Beberapa panel penting dalam Adobe Animate  diantaranya panel: Properties, Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform. Masing masing Panel Memiliki fungsi tersendiri sesuai kebutuhan saat membuat objek atau animasi
Panel Properties dan Panel Library


Untuk Lebih Jelasnya Bisa lihat Tanyangan Video Berikut ini :







Posting Komentar untuk "Area Kerja Adobe Animate "