Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keyframe Pada Animasi

Tujuan Pembelajaran  

Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran ini adalah sebai berikut:
  1. Mampu menerapkan teknik animasi tweening 2D 
  2. mampu membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
Sebelum Kita Membuat Animasi, Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Time line, Frame, Keyframe, Blank Keyframe, Motion Tween, & Symbol Pada Adobe Animate, dan stage karena fasilitas ini adalah merupakan point yang sangat dasar dalam pembuatan Animasi, Berikut dibawah ini adalah penjelasnnya.



A. Timeline 
Timeline berisi layer dan frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yangakan dianimasikan. Time line merupakan bagian dari flash yang berfungsi sebagai pengatur urutan tampilan yang berdasarkan frame.




B. Layer 
 Layer seperti lembaran-lembaran film yang berisi gambar actor yang akan dianimasi. Dalam satu film terdapat lebih dari 1 layer. Setiap kali Anda membukasebuah file movie yang baru, disitu akan tersedia sebuah layer sebagai modalawal. Sehingga Anda bisa menambahkan layer, apabila menginginkan lebih darisatu layer.

Kegunaan layer antara lain yaitu; untuk membuat animasi lebih dari satu, untuk mengorganisasikan elemen-elemen dalam satu movie, agar tidak terjadi pengirisan antara satu objek dengan objek yang laiinnya, agar bisa menemukan objek lebih cepat dan mudah, dan lain sebagainya. Layer adalah bagian yang memungkinkan kita untuk memberikan nama atau identitas lain (Normal, Guide, Guided dan Mask) yang berguna untuk memberikan efek pada tampilan yang dibuat. Selain itu, pengguna layer dimaksudkan untuk memberikan tingkatan atau hirarki dari gambar yang sudah dibuat sebelumnnya menggunakan Adobe Animate atau Flash.
Perhatikan susunan layer di bawah, nampak bahwa layer 3 berada pada posisi paling atas kemudian disusul layer 2, layer 3. pola susunan layer di atas memudahkan kita untuk membuat gambar animasi satu kemudian bersembunyi (dibelakang) pada layer lain. Layer yang paling atas akan menutupi layer yang berada dibawahnya, begitu seterusnya.


Membuat layer baru bisa menggunakan icon yang tepat berada pada bawah time line atau bisa juga melalui Menu Bar, Pilih Insert > Timeline > Layer yaitu seperti gambar dibawah ini.


  1. Show/ Hide All Layers untuk menyembunyikan atau menghilangkan semua gambar obyek yang berada di semua layer.
  2. Lock/ Unlock All Layer untuk mengunci semua layer, agar layer tertentu yang dapat diedit.
  3. Show All Layers as Outlines untuk menampilkan warna strokenya.


C. Frame 
Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .



D. Keyframe 
Keyframe adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween, kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.


E. BlankKeyframe 
BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame. bagian luar tidak akan tampil di file *.swf ataupun format file lainnya. Tetapi objek atau animasi yang berada di stage bagian luar dapat ditampilkan dalam format *.swf dengan catatan pilihan Show All di menu View, harus diaktifkan terlebih dahulu.
Demikian Sedikit penjelasan singkat tentang Penentuan Frame kunci ( Keyframe ) Animasi, Semoga bermanfaat.


Kompetensi :
3.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D
4.3 Membuat animasi 2D menggunakan menggunakan teknik tweening


Posting Komentar untuk "Keyframe Pada Animasi "