Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Animasi Tween

Tujuan Pembelajaran  

Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran ini adalah sebai berikut:
  1. Mampu menerapkan teknik animasi tweening 2D 
  2. mampu membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
Animasi Tween adalah animasi yang proses perancangan / pembuatannya menggunakan dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk. Misal kita ingin menganimasikan mobil bergerak dari kiri ke kanan layar. Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan rangkaian gerakan diantaranya sudah dibuat secara otomatis oleh Software Adobe Animate. 
Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna. Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. 


Pada tutorial ini akan dibahas tentang teknik animasi dengan menggunakan Adobe Animate yaitu "Animasi Classic Tween dan Motion Tween"

A. Membuat Animasi Classic Tween 
Buka software Adobe Animate yang ada pada komputer kita, pilih create new > ActionScript 3.0

Langkah Pertama membuat animasi Classic tween yaitu Pilih layer 1 frame 1, Buatlah sebuah objek kotak dengan bantuan Rectangle tool pada area kerja atau stage Klik kanan pada layer 1 frame 40, (lama durasi animasi ditentukan berdasarkan Frame) dilanjutkan dengan memilih insert keyframe, Pada Frame 40 Pindahkan Objek Kotak Kekanan Stage.


Diantara frame 1 – 40, klik kanan pilih animasi Clasic Tween.


Jika pekerjaan kita benar, Tampak ada tanda panah pada frame seperti gambar dibawah ini.


Dilanjutkan dengan memindah objek kotak pada frame 40 kearah kanan stage.




Pada panel Properties Kita juga bisa memberi Animasi rotasi, CW (berputar Searah Jarum Jam), CCW (Berputar berlawanan arah jarum jam).


Lanjutkan dengan test movie, dengan cara menekan shortcut Ctrl+Enter, atau dapat juga melalui menu control > test.

B. Membuat Animasi Motion Tween
Buka software Adobe Animate yang ada pada komputer kita, pilih create new > ActionScript 3.0 Pilih layer 1 frame 1, Buatlah sebuah objek kotak dengan bantuan Rectangle tool pada area kerja atau stage. Klik kanan pada layer 1 frame 40, (lama durasi animasi ditentukan berdasarkan Frame) dilanjutkan dengan memilih Insert Frame.



Pilih CreateMotion Tween.

Setelah Memilih Create Motion Tween, jika muncul message box yang mememeritahkan kita untuk mejadikan objek symbol seperti gambar dibawah, lanjutkan saja dengan menekan OK.


pada frame 40, geser objek kotak dari kiri kekanan. maka akan muncul garis titik titik berwarna biru tampak seperti gambar dibawah. Titik titik Warna biru tersebut melamabangkan jumlah frame yang sedang digunakan.


Kita juga bisa merubah alur dengan menggeser titik titik sesebut sesuai keingingan kita.


untuk melihat hasilnnya lakukan test movie, dengan cara menekan shortcut Ctrl+Enter, atau dapat juga melalui menu control > test.
Semoga bermanfaat.

Kompetensi :
3.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D
4.3 Membuat animasi 2D menggunakan menggunakan teknik tweening

Posting Komentar untuk "Animasi Tween "